FAQ

TANYA JAWAB TENTANG PPLIPI

 

1.      Apa itu PPLIPI?

PPLIPI adalah singkatan dari Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia. Sebuah oraganisasi sosial kemasyarakatan yang dibentuk sebagai wdah bagi para perempuan untuk berkontribusi baik dalam bentuk berbagi ilmu, pengetahuan, pengalaman, peluang atau kesempatan, maupun materi,  bagi pembangunan bangsa dan Negara  Indonesia melalui kegiatan pemberdaraan perempuan Indonesia.

 

2.     Kapan PPLIPI Terbentuk?

PPLIPI baru tahun lalu didirikan, tepatnya  tgl 17 April 2016, pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat dilakukan per tgl 09 November 2016. Jarak pembentkan dan pelantikan memang cukup lama, karena dibutuhkan waktu untuk mempersiapkan AD ART agar bisa dibuatkan akte pendirian PPLIPI dan didaftarkan di Kemenhumkam. Karena baru tahun pertama, untuk Kepengurusan masa bakti 2016-2021, Ketua Umum diangkat dari Dewan Pendiri, yaitu Ibu Dra. Hj. Indah Suryadharma Ali. Sementara Sekeretaris Jenderalnya adalah Ibu Maya Miranda Ambarsari SH, MIB.

 

3.      Apa beda PPLIPI dengan organisasi lain?

Dari nama Organisasi, sebetulnya sudah tersirat perbedaan jelas PPLIPI dengan organisasi  perempuan lain yang selama ini ada di Indonesia. Lintas Profesi itu menunjukkan kemajemukan profesi yang bisa bergabung di PPLIPI. Karena profesinya macam, macam, maka pemberdayaan perempuan yang menjadi concern PPLIPI, tidak hanya terfokus pada satu aspek kehidupan Perempuan. PPLIPI tidak hanya memululu memperjuangkan pemberdayaan perempuan di bidang kesehatan, atau di bidang ekonomi sebagai wiraswasta, tetapi semua bidang yang bersentuhan dengan perempuan. Insya Allah. Karena itu di Pusat PPLIPI  punya 18 komisi yang diharapkan dapat memberdayakan perempuan di bidang ekonomi, kesehatan, budaya, hokum, sosial  bahkan politik.

 

4.      Apa benefit yang didapatkan dengan bergabung bersama PPLIPI?

Benefit secara kasat mata tentu tidak serta merta dapat diperoleh karena kita justru adalah organisasi sosial. Di mana dengan bergabung bersama PPLIPI, kita bisa bersedekah baik ilmu, pengalaman, pengetahuan, peluang bahkan materi,  secara lebih terarah dan terukur. Namun tentu saja ada keuntungan tersembunyi yang bisa jadi merupakan rezeki kita.  Antara lain, Ridho Allah, net work, pertemanan, pelatihan baik cara berorganisasi maupun cara melaksanakan program dan wawasan.

 

5.      Program apa saja yang diusung PPLIPI?

Prinsipnya setiap komisi diberi kebebasan seluas-luasnya untuk membuat program, skala kecil maupun besar. Namun untuk mencapat tujuan organisasi secara optimal, telah disusun Program Prioritas untuk tahun 2017 ini yaitu Program yang bersifat Nasional, karena PPLIPI daerah kerjanya mencakup seluruh wilayah Indonesia , dan program yang bersifat lokal.

Program-program tersebut antara lain:

1)      Konsolidasi Organisasi dari Pusat sampai Ke daerah, agar organisasi kuat dan solid

2)     Pemberian Penghargaan kepada  Tokoh Perempuan Inspiratif, selain sebagai bentuk penghargaan atas karya, jasa dan kinerja mereka, juga untuk memotivasi perempuan lain untuk berani tampil dan berbuat semaksimal mungkin bagi sesame perempuan Indonesia.

3)     Pemberian Bantan Modal pada Perempuan Pelaku UMKM, selain ingin menciptakan perspektif yang baik tentang Zakat,infak dan sedekah, di mana dana-dana seperti ini bisa dijadikan dana produktif, juga ingin menguatkan perempuan agar bisa lebih mandiri secara ekonomi, serta menguatkan perekonomian Negara, dengan memotivasi para perempuan untuk mengambil bagian dalam kegiatan perekonomian, meski dari tingkat yang paling bawah.

4)     Silaturahim antar pengurus, agar semua masukan berkaitan dengan permasalahan perempuan yang ada di masyarat dapat disampaikan secara cepat kepada penanggung jawab komisi yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.

5).  Program bantuan kemanusiaan, bila diperlukan

6). Program Pendirian Rumah Belajar PPLIPI, yang insyaAllah akan menjadi  tempat pembelajaran para perempuan dan masyarakat sekitarnya,  yang ingin meningkatkan pengetahuan, keahlian, maupun sekedar konseling permasalahan perempuan, dsb.

7) Program yang tak kalah penting adalah program pendidikan Politik bagi perempuan, agar mereka dapat ikun berperan dalam mengarahkan kebijakan pemerintah, terlebih bila berkaitan dengan kebutuhan perempuan dan masyarakat luas.

 

6.      Siapa saja yang bisa gabung PPLIPI?

Syarat bergabung sesuai AD ART, adalah perempuan, punya profesi (dalam pengertian profesi yang positif dan tidak melanggar hukum), berusia minimal 25 tahun, mengajukan diri untuk menjadi Anggota dengan mengisi Formulir Pendaftaran dan menyelesaikan kewajiban- kewajiban sebagai anggota (membeli seragam dan atribut organisasi, membayar uang pendaftaran 1 x seumur hidup, dan membayar uang iuran bulanan), serta berkeinginan untuk bergabung secara aktif di organisasi.

 

7.      Di mana saja ada PPLIPI?

PPLIPI adalah organisasi berskala Nasional . Di setiap Provinsi akan nada Dewan Pimpinan Wilayah, di setiap Kota/Kabupaten akan ada Dewan Pimpinan Cabang, dan di setiap Kecamatan aka nada Pimpinan Anak Cabang.

Bahkan para perempuan yang tinggal di Luar Negeri pun dapat mendirikan Cabang PPLIPI. 

 

8.      Kalau orang daerah ingin bergabung bagaimana?

Bila tinggal di daerah, maka keanggotaan akan diarahkan ke daerah terdekat yang sudah ada PPLIPI.

 

9.     Pusat PPLIPI ada di mana?

Pusat PPLIPI ada di Jakarta, Kantornya di Jl. Duta Niaga III No. 6-8, Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310

 

10.  Contact Personnya siapa?

Contact Person : Dian Komalasary – 081288551974 dan Amalia  Subagyo – 08164854177 dan untuk mendaftar bisa masuk ke sini http://pplipi.com/halaman/daftar-sekarang

 

 

 

Indonesia English